R-na3Setya's Blog

Just another WordPress.com weblog

MASALAH KRISIS LISTRIK SUDAH DARURAT


A.    Latar Belakang Masalah

Indonesia saat ini sedang mengalami kondisi krisis dalam penyediaan  daya listrik di hampir semua wilayah termasuk di P. Jawa Bali yang merupakan pusat bisnis di Indonesia. Saat ini permintaan tenaga listrik masih terkonsentrasi di wilayah Jawa-Bali yang menyerap sebagian besar kebutuhan listrik. Namun, sebenarnya sekarang  listrik mati, sebenarnya bukan saja berarti ada kesulitan, tapi kemajuan. Dapat  dilihat hampir semua gedung pakai AC, kantor camat pun pakai.

Dengan adanya pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir ini,  maka juga terjadi peningkatan permintaan listrik setiap tahun. Padahal, produksi listrik yang tumbuh tidak sebesar permintaan listrik yang dibutuhkan. Pembangunan pembangkit listik baru pun belum menambah kapasitas listrik yang cukup berarti. Hal ini mengakibatkan  terjadinya krisis pasokan listrik, yang dalam jangka panjang akan dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Bisa diperkirakan bahwa krisis listik akan semangkin parah karena adanya kenaikan harga BBM. Karena para konsumen  pengguna listrik non-PLN akan beralih ke listrik PLN. Karena dengan menggunakan listri PLN mendapat subsidi dari pemerintah, Selain itu ada yang dapat memperparah keadaan krisis listrik adalah pertambahan penduduk dan pertumbuhan ekonomi.

Kerbatasan  pasokan  listrik juga disebabkan umur pembangkit yang sudah tua sehingga tidak efisien lagi. Karena peralatan listrik yang tua dan kerap mengalami kerusakan. Untuk menjamin ketersediaan listrik, pemerintah perlu segera membenahi infrastruktur dan jalur distribusi listrik nasional. Usangnya peralatan dan belum memadainya jaringan transmisi dinilai sebagai penyebab utama krisis listrik yang tengah melanda saat ini. Pemerintah  juga perlu segera memperbaiki sistem tarif listrik yang dinilai tidak sehat. Pemerintah diharapkan berani memilah pemberian subsidi listrik dan mencabut subsidi bagi pengguna yang mampu secara ekonomi.

Selain itu kondisi tersebut diperparah dengan adanya gangguan dari beberapa pembangkit listrik yang besar. Sepanjang beberapa tahun terakhir ini terjadi penurunan produksi listrik dari beberapa pembangkit  tenaga listrik yang ada di Indonesia yang diakibat oleh beberapa hal, yaitu: suplai batubara yang terganggu, adanya kerusakan pada trafo, pasokan gas yang kurang dan juga berkurangnya pasokan listrik dari pihak swasta.

Dalam beberapa tahun terakhir ini banyak kendala yang menyebabkan proyek-proyek pembangkit terutama pembangkit berbahan bakar gas tertunda, karena ketidak pastian pasokan gas. Akibatnya pembangkit-pembangkit BBM yang sudah dikonversi ke gas, terpaksa terus beroperasi menggunakan BBM yang harganya semakin mahal. Untuk menekan biaya produksi PLN akibat tingginya

harga minyak dunia, maka pemerintah melakukan program diversifikasi pembangkit-pembangkit BBM ke non BBM.

Menyusul seriusnya krisis listrik yang semakin diperparah dengan melonjaknya harga minyak dunia yang membebani pembangkit listrik. Pemerintah merasa perlu mengeluarkan kebijakan pengaturan penggunaan listrik, termasuk mengatur jam operasional industri, pembatasan jam siaran televisi, serta himbauan penghematan listrik di kantor-kantor pemerintah mulai awal Juli 2008. Keterbatasan pasokan listrik, dapat diatasi diantaranya dengan beban puncak harus ditekan dengan penghematan.

B.     Dampak Dalam Masyarakat

Apa bila ada pembangkit yang mengalami gangguan, maka cadangan daya akan semakin turun dan pemadaman listrik pun tidak bisa dihindarkan. Dengan kondisi seperti itu, pemerintah menginginkan pelanggan sedikit mengurangi menghemat konsumsi lisrik.

è Dampak Bagi Industri

Karena adanya krisis listrik yang terjadi di Negara kita ini yang kemudian menyebabkan adanya kebijaksanaan PLN untuk melakukan pemadaman secara bergilir. Gangguan terhadap kegiatan ekonomi akibat kekurangan pasokan listrik yang saat ini terjadi perlu ditangani menyeluruh agar tidak timbul kesan sektor industry menjadi dikorbankan. Kesan tersebut merupakan dampak buruk bagi perbaikan iklim investasi yang baru saja dimulai. Krisis pasokan listrik dapat mengurangi kepercayaan calon investor kepada Negara kita.

Gangguan pasokan listrik yang terjadi belakan ini mulai dikeluhkan oleh sejumlamlah perusahaan. Perusahan-perusahaan tersebut mengaku rugi puluhan miliar akibat terjadinya pemadaman dalam dua bulan terakhir. Perusahaan tersebut mengusulkan kenaikan tarif listrik dengan syarat PLN menyuplai listrik dengan lebih baik. Terlalu seringnya pasokan listrik yang mati tiap hari bagi pengusaha kecil dan menengah junga mengalami kerugian. Selain itu target produksi harian yang sering kali meleset karena sarana usaha yang memakai listrik tidak bisa digunakan. Pemerintah harus meyakinkan kembali kalangan pemodal untuk berinvestasi dengan memaparkan rencana detail pembangunan kelistrikan dan penanganan krisis menyeluruh, bukan cuma di sektor industri.

 

 

About these ads

24 Februari 2011 - Posted by | Uncategorized

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: