Pancasila Dalam Sejarah RI


Latar Belakang Sejarah : Berawal dari masuknya agama-agama di Nusantara. Di awali dengan Agama Hindu dengan kitab Suci Weda. Kemudian di lanjutkan dengan Agama Budha. Keduanya meninggalkan budaya yang tidak ternilai harganya. Dan dengan masuknya pedagang Gujarat masuklah Agama Islam ke Indonesia. Selain itu disusul dengan Agama Katholik dan Agama Kristen.
Sejarah Pergerakan Indonesia : Awalnya bentuk pemerintahan yang ada di Indonesia adalah Kerajaan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Kemudian bentuk pemerintahan kerajaan tersebut runtuh dan di gantikan dengan kedatangan bangsa Eropa. Di tangan bangsa Belanda terbentuklah bentuk pemerintahan yang berlandaskan militer. Sampai akhirnya kekuasaan Belanda direbut oleh Jepang.
Menuju Kemerdekaan : Pada masa Belanda masuklah paham baru seperti liberalisme, demokrasi dan nasionalisme. Paham tersebut berkembang pesat di Indonesia dengan berbagai kebijakan yang dibuat oleh Belanda yang menyengsarakan Bangsa Indonesia. Kemudian Jepang merebut Indonesia dari tangan sekutu. Jepang berjanji membebaskan Indonesia dari penjajahan dan memajukan rakyat Indonesia.
Perumusan Pancasila : Pada ulang tahun Kaisar Hirohito Jepang menepati janjinya kepada bangsa Indonesia dengan di bentuknya BPUPKI(Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) :
1) Sidang Pertama BPUPKI(29 Mei-1juni 1945) dengan isi:
a. Isi Pidato Mr.Muh Yamin yang berisi usulan dasar Negara yaitu : 1.Peri Kebangsaan, 2.Peri Kemanusiaan, 3.Peri Ketuhanan. 4.Peri Kerakyatan dan 5.Kesejahteraan Rakyat.
b. Isi Pidato Mr.Soepomo yang berisi usualan dasar Negara berdasarkan suatu Ilmu hukum.
c. Isi Pidato Ir.Soekarno yang berisi usualan dasar Negara yaitu : 1.Kebangsaan, 2.Kemanusiaan, 3.Musywarah, mufakat, perwakilan, 4.Kesejahteraan Sosial dan 5.Ketuhanan yang Berkebudayaan (Sosio-nasionalisme, Sosio-demokrasi dan ketuhanan)
Dibentuklah tim Delapan untuk mengelompokkan semua usulan tersebut dan menghasilkan : Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan Syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya, Kemanusiaan yang adail dan beradab, Persatuan indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.
2) Sidang Kedua BPUPKI yaitu menjelaskan tentang kesepakatan Piagam Jakarta (22 juni 1945)
3) Pembentukan PPKI: karena jepang semakin terdesak maka pada tanggal 7 agustus 1945 dibentuk PPKI.
Lahirnya Negara Indonesia: adanya perbedaan pewndapat antara golongan tua dan golongan muda. Dan golongan muda mendesak Soekarno-Hatta bersedia memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.
Sidang Pertama PPKI (18 agustus 1945) yang menghasilkan : mengesahkan UUD’45, mengganti sila pertama Pancasila,menetapkan Ir.Soekarno dan Moh Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.