CONTOH RPP


                                                   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             :  Kompetensi Kejuruan

Kelas/ Semester           :  X/1

Pertemuan Ke             : 1

Alokasi Waktu            :  4 x 45 menit

Standar Kompetensi   : Mengerjakan persamaan Dasar Akuntansi

Kompetensi Dasar       : Memahami Dasar-dasar Akuntansi

Indikator                     :

  1. Mengidentifikasi pengertian akuntansi
  2. Mengidentifikasi  spesialisasi dalam bidang akuntansi
  3. Mendiskripsikan tugas-tugas jabatan dalam bidang akuntansi
  4. Mengidentifikasi pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
  5. Mengidentifikasi prinsip-prinsip dalam akuntansi.

A.    Tujuan Pembelajaran

  1. Dapat menjelaskan pengertian akuntansi dengan benar
  2. Dapat mengidentifikasi  spesialisasi dalam bidang akuntansi
  3. Dapat mendiskripsikan tugas-tugas jabatan dalam bidang akuntansi
  4. Dapat mengidentifikasi pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
  5. Dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip dalam akuntansi.

B.     Materi Ajar

  1. Pengertian akuntansi
  2. Bidang spesialisasi akuntansi
  3. Jabatan dalam bidang akuntansi
  4. Pemakai informasi akuntansi
  5. Prinsip-prinsip akuntansi

C.    Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Diskusi

D.    Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal :

  • Berdo’a
  •  Memberi gambaran  tentang materi yang akan disampaiakan (apresepsi)
  • Menyampaikan kompetensi dasar yang aksan disampaika

2. Kegiatan inti :

  • Membagi siswa dalam beberapa kelompok dan memberikan permasalahan yang berbeda-beda pada masing-masing kelompok.
  •  Siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan pada kelompknya masing-masing.
  •  Setiap kelompok melakukan presentasi singkat di depan kelas dan kelompok lain bisa mengajukan pertanyaan

3. Kegiatan Akhir :

  • Memberikan hasil analisa dan kesimpulan dari hasil diskusi
  •  Menyampapaikan kompetensi berikutnya
  •  Penugasan
  •  Menutup kegiatan pembelajaran
  • Berdo’a dan salam

E.     Peralatan dan Bahan

  1. Peralatan      : Alat tulis, Kotak kelompok akun, kartu nama-nama akun
  2. Bahan           : Modul, LKS

F.     Sumber Buku

  1. Hendi, Somantri. 2004. “Memahami Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang SMK.Bandung:Armico
  2. Toto, Sucipto. dkk. 2009.  ”Akuntansi 1 Untuk SMK Kelas X”. Jakarta: Yudhistira
  3. Umi, Muawanah.dkk. 2008. ”Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan jilid I.Jakarta: Depdiknas
  4. Dwi, Harti. 2008. “Modal SMK Akuntansi”(Edisi KTSP). Jakarta: Erlangga

G. PENILAIAN

KODE

KOMPETENSI

SKOR

1

Mengidentifikasi pengertian akuntansi

20

2

Mengidentifikasi  spesialisasi dalam bidang akuntansi

30

3

Mendiskripsikan Tugas-tugas jabatan dalam bidang akuntansi

25

4

Mengidentifikasi pihak-pihak yang membutuhkan informasi

25

TOTAL

100

Mengetahui,                                                                              Bantul, 15 Desember 2011

Kepala Sekolah SMK …………                                             Guru Mata Pelajaran Akuntansi

 

 

 

…………………….                                                                                 …………………….

NIP.