Sistem informasi akuntansi


                                                                       BAB I
                                                                PROFIL USAHA

Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina, aslinya bernama Tou Luk Pia, yang artinya adalah kue pia (kue) kacang hijau.Selain itu pula bakpia mulai diproduksi di kampung Pathuk Yogyakarta, sejak sekitar tahun 1948. Waktu itu masih diperdagangkan secara eceran dikemas dalam besek tanpa label, peminatnya pun masih sangat terbatas. Proses itu berlanjut hingga mengalami perubahan dengan kemasan kertas karton disertai label tempelan.
Pada tahun 1980 mulai tampil kemasan baru dengan merek dagang sesuai nomor rumah, diikuti munculnya bakpia-bakpia lain dengan merek dagang nomer berlainan.Demikian pesatnya perkembangan “kue oleh-oleh” itu hingga mencapai booming sejak sekitar tahun 1992.
Produksi bakpia yang dilakukan oleh bapak Arlen Sanjaya (Bp Arlen Sanjaya adalah generasi penerus pembuat Bakpia Pathok 25 yang dahulu berasal dari bisnis keluarga) setiap harinya tidak tetap karena produk yang kami buat “Selalu Baru dan Hangat”,untuk hari-hari biasa bakpia yang dibuat mencapai 5-7 adonan. Bahkan jika pasaran sedang ramai atau hari-hari libur produksinya mencapan 10-15 adonan, setiap satu adonan menghabiskan 15 kg tepung terigu.
Perusahaan Bakpia Pathuk “25” mempunyai 5 toko cabang yaitu 2 toko cabang di jalan AIP KS. Tubun dan 1 toko cabang di jalan Bhayangkara,serta 2 toko dijalan Laksada Adisucipto (jalan ke arah kota Solo). Toko-toko cabang ini biasanya mengambil bakpia dari pusat produksi dengan merek dagang 25.
Pada tahun-tahun pertama, perusahaan menggunakan oven dengan bahan bakar arang.Setelah usaha beliau semakin sukses menambah lagi jumlah oven dengan bahan bakar gas.
Dalam usahanya bapak Arlen Sanjaya dibantu oleh + 68 karyawan pria dan wanita.Pegawai wanita yang biasanya bertugas sebagai pencetak bakpia dan pengemas, sedangkan pegawai pria biasanya bertugas sebagai pembuat adonan, pembuat isi/kumbu, pengoven serta pemasar ataupun mengirim bakpia ke sejumlah tempat.
 
 
                                                                           BAB II
                                   FASILITAS E-BUSINESS YANG DITERAPKAN PERUSAHAAN

Perusahaan Bakpia 25 yang ada di Yogyakarta ini, menggunakan fasilitas electronic business atau yang sering disebut e-business, untuk memudahkan proses bisnisnya. Fasilitas yang digunakan adalah proses pemasaran dan penjualan, yaitu secara on-line.
Fasilitas tersebut adalah sebagai berikut :
Home
Terdapat berbagai tampilan yang memudahkan konsumen mengetahui mengenai Perusahaan Bakpia 25.
Dalam menu Home, ditampilkan menu-menu seperti :
Tentang Bakpia 25
Kujungi Toko Kami
Seputar Djogja
Bakpia

  1. Pilihan Bakpia

Pada menu “Bakpia” ditampilkan berbagai macam menu pilihan rasa seperti: Kacang Ijo, Nanas, Colekat.
1)      Bakpia Kacang Ijo
Bakpia dengan cita rasa Khas Original Kacang Ijo dari Bakpia Pathok 25
2)      Bakpia Nanas
Bakpia dengan cita rasa Khas Nanas dari Bakpia Pathok 25
3)      Bakpia Cokelat
Bakpia dengan rasa Cokelat Khas Bakpia Pathok 25
4)      Bakpia Keju
Bakpia dengan cita rasa Khas Keju dari Bakpia Pathok 25
5)      Bakpia Durian
Bakpia dengan cita rasa Khas Durian dari Bakpia Pathok 25
6)      Bakpia Kumbu
Bakpia dengan cita rasa Khas Kacang Hitam dari Bakpia Pathok 25
7)      Bakpia Aneka
Rasa Bakpia dengan cita rasa Aneka Rasa dari Bakpia Pathok 25
Kue Oleh-oleh
Kue Oleh-oleh Pilihan Bakpia Pathok 25 sangat cocok untuk digunakan sebagai Oleh-oleh KHAS Yogyakarta, selain rasanya enak, jenisnya pun beragam. Anda dapat memilih dari berbagai jenis kue oleh-oleh kami, yaitu:
1)      Angleng
Kue oleh-oleh angleng terbuat dari gula pasir dan kelapa (kelapa diserut,lalu dicampurkan dengan bahan yang lain)
2)      Getuk Trio
Kue oleh-oleh getuk trio dibuat dari ketela,gula,coklat,garam dan panili.
3)      Ampyang
Kue oleh-oleh ampyang terbuat dari kacang tanah dan gula merah
4)      Dodol Garut
Kue oleh-oleh dodol garut
5)      Kue Moachi
Kue oleh-oleh moachi terbuat dari tepung ketan,gula pasir dan kacang tanah
6)      Madu Mongso
Kue oleh-oleh madu mongso terbuat dari beras ketan,gula dan ragi
7)      Wajik Kletik
Kue oleh-oleh wajik kletik beras ketan,kelapa dan gula pasir
8)      Yangko Aneka Rasa
Kue oleh-oleh yangko aneka rasa terbuat dari tepung ketan,gula,perasa durian,perasa strawberi,perasa pandan,perasa coklat dan perasa nangka
9)      Yangko Kacang
Kue oleh-oleh yangko kacang terbuat dari tepung ketan, gula pasir dan kacang tanah
10)   Dodol Buah
Kue oleh-oleh dodol buah terbuat dari gula,sirsak,strawberi,pepaya,nanas,melon,mangga,dan perasa yang lain
11)   Geplak
Kue oleh-oleh geplak terbuat dari gula pasir dan kelapa (kelapa diparut/dihaluskan)
12)   Moachi Wijen
Kue oleh-oleh moachi wijen dari tepung ketan,gula pasir ,kacang tanah dan wijen
13)   Wingko Babat
Kue oleh-oleh wingko babat terbuat dari tepung ketan,kelapa dan gula pasir
Kemasan Bakpia
Kemasan Bakpia membantu menambah citra KHAS Yogya di produk kami, setiap kemasan dibuat dengan rapi dan baik sehingga mempermudah anda untuk bepergian kemana-mana dengan produk kami, yaitu:
1)      Kemasan Produk Pertama
Box / Kemasan pertama kali bakpia pathok 25 pertama kali menggunakan tempat yang terbuat dari bambu (orang daerah sekitar menyebut dengan besek)
2)      Kemasan Produk Kedua
Box / Kemasan pertama kali Produk bakpia pathok 25 yang menggunakan kotak
3)      Kemasan Produk Pertama Bermerk Dagang
Box / Kemasan Dos bakpia pathok 25 setelah melalui proses perkembangan akhirnya menjadi seperti Kemasan Produk yang sekarang dipakai
4)      Kemasan Produk Dos
Box / Kemasan Dos bakpia pathok 25 ini digunakan untuk membawa bakpia dan oleh-oleh lainnya yang telah dibeli dari toko kami
5)      Box / Kemasan Dos Medium
Box / Kemasan Dos Medium bakpia pathok 25 ini digunakan untuk membawa bakpia yang telah dibeli dari toko kam
Tentang Kami

  1. Sejarah Bakpia Pathok

Bakpia Pathok “25” official website! Yaitu website utama kami yang akan membantu kami untuk mendongkrak penjualan dan trafik pembelian bakpia baik dari dalam ataupun luar. Dengan website ini, kami berharap samuanya dapat melihat siapa kami dan datang! Kami, menjual berbagai oleh-oleh terutama produk BAKPIA yang sangat terkenal, yaitu BAKPIA PATHOK “25”.
Lokasi Pembuatan
Perusahaan Bakpia Pathuk “25” terletak di Jl. AIP II KS Tubun NG I/504, desa Pathuk Yogyakarta. Lokasinya terletak di belakang Malioboro, sehingga memudahkan dalam pemasaran dan pengadaan bahan baku.
Struktur Organisasi
Struktur organisasi merupakan kerangka yang berhubungan antara orang-orang dengan tugasnya (jabatannya) dalam suatu organisasi sehingga sifatnya dinamis. Perusahaan Bakpia Pathuk “25” dipimpin langsung oleh bapak Arlen Sanjaya yang dalam hal ini dibagi antara bagian administrasi, bagian pemasaran dan bagian proses produksi.
Ketenagakerjaan
Perusahaan Bakpia Pathuk “25” memiliki beberapa karyawan. Sistem kerja yang diterapkan adalah system serabutan dan pada system ini persaingan kerja yang sehat tidak ada ikatan kontrak kerja dalam jangka waktu tertentu.Dalam pelaksanaan kerja, biasanya penanganan proses yang berat ditangani oleh tenaga kerja pria, seperti pembuatan adonan, pembuatan kumbu dan pengovenan serta tenaga pemasar, sedangkan untuk pencetak ada yang pekerja wanita maupun pria. Khusus untuk pengemasan dilakukan oleh pekerja wanita.Untuk kesejahteraan karyawan.pihak perusahaan memberikan tunjangan yaitu tunjangan untuk makan 3 kali, tunjangan kesehatan, penginapan serta uang bonus lembur, hari raya dan lain-lain.
Letak Toko
1)      Toko Kembang Jaya
Toko Kembang Jaya berlokasi di Jl. Laksda Adisucipto KM.9 Telp. (0274) 484458 Yogyakarta (jalan ke arah kota Solo).Toko kami berada dijalan menuju luar kota yang merupakan tempat strategis karena mudah diakes/dikunjungi.Jika anda sedang menuju ke kota Solo atau kota yang lainnya didaerah timur silakan mengunjungi Toko Kembang Jaya.

2)      Toko OngkoJoyo
Toko OngkoJoyo Berada di Jl.AIP II KS Tubun 65 Telp.(0274) 512219, 583237 Yogyakarta. Jika anda berada dikawasan malioboro silakan mengunjungi Toko OngkoJoyo,jika anda belum mengetahui lokasi toko kami silakan anda bertanya dengan para tukang becak dan andong dikawasan Malioboro, dimana Lokasi Bakpia Pathok 25, maka mereka akan dengan senang hati mengantarkan anda ke toko kami.
3)      Toko Pasar Pathok
Toko Pasar Pathok berlokasi di Kios Pasar Pathok 14-18 Telp.(0274) 561551 Yogyakarta.Tempat yang sangat strategis berada dibelakang kawasan Malioboro dan tepat dibelakang Ramai Family Mall.Jika anda berkesempatan mengunjungi kawasan Malioboro dan Ramai Mall Silakan mengunjungi toko kami.Jika anda belum mengetahui lokasi toko kami silahkan bertanya kepada para tukang becak dan andong dikawasan Malioboro maka mereka dengan senang hati akan mengantarkan anda ke toko kami.
4)      Toko Bandara Jaya
Bandara Jaya terletak di Jn.Laksda Adisucipto Telp (0274) 489059. Lokasi dari Bandara Jaya sangat startegis di depan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, yang akan memudah anda yang sedang dan akan melakukan rencana menuju luar kota Jogja.
Produksi
Proses Produk Bakpia Pathok “25” terdiri dari beberapa tahap.Semuanya memberikan rasa yang lebih untuk para pelanggan. Sekarang saatnya kami, Bakpia Pathok “25” membeberkan proses produksi kami!Adapun langkah-langkahnya dibagi menjadi 7 langkah utama yaitu:
1)      Menjemur kacang hijau untuk menghilangkan kutu dan seleksi kacang. Memisahkan kacang dengan kulit kacang hijau.
2)      Dipecah menjadi 2 bagian dan dicuci bersih.
3)      Pengukusan.
4)      Digiling sampai lembut. Dimasak dalam mixer, dicampur dengan gula pasir secukupnya.
5)      Pembuatan kulit. Bahan yang digunakan adalah, tepung terigu, gula pasir, air, minyak goreng. Diaduk dalam mixer. Proses ini dinamakan proses rolling,  sampai kalis.
6)      Proses pemanggangan.
7)      Terakhir proses packing / pengemasan.
Promo dan Artikel
Dama menu ini belum digunkan darisegi penawaran produk dan hanya terdapat artikel yang berkaitan dengan bakpia maupun Yogya.
Kontak
Hubungi kami baik via Telp, Email, apapun! Kami siap untuk mendengarkan kritik, saran dan pesan-pesan dari Anda semua. Adapun Anda dapat menemui Toko kami pada Alamat berikut:
PABRIK / PUSAT,
Jl. AIP II KS Tubun NG I/504
Telp. (0274) 513904, 566122 Yogyakarta
ONGKO JOYO,
Jl. AIP II KS Tubun 65
Telp. (0274) 512219, 583237 Yogyakarta
PASAR PATHOK,
Kois Pasar Pathok 14-18
Telp. (0274) 561551 Yogyakarta
KEMBANG JAYA,
Jl. Laksda Adisucipto KM.9
Telp. (0274) 484458 Yogyakarta
BANDARA JAYA,
Jl. Laksda Adisucipto KM.9
Telp. (0274) 484458 Yogyakarta

Order Penjualan

  1. Secara On-line

Media Pemasaran yang dilakukan perusahaan ini melalui alamat web :http://www.bakpia25.blogspot.com/. Untuk melakukan pemesanan, konsumen diharuskan untuk mengisi sebuah form guna memudahkan pihak perusahaan untuk memberikan pelayanan yang maksimal.
Ada beberapa rasa bakpia yang ditawarkan. Masing-masing rasa diberi sebuah kode tertentu, yaitu :
1)      Bakpia dengan cita rasa Khas Keju [kode bp2]2)      Bakpia dengan cita rasa Aneka Rasa [kode bp1]3)      Bakpia dengan rasa Cokelat [kode bp3]4)      Bakpia dengan cita rasa Khas Original Kacang Ijo [kode bp4]Contoh Form Order Pemesanan

Melalui SMS
Selain melalui on-line, perusahaan ini juga menyediakan pelayanan pesanan melalui via sms.
Contoh pemesanan via sms

Layanan Kritik dan Saran
Layanan ini diberikan untuk menerima semua kritik dan saran pelanggan/konsumen guna perbaikkan pelayanan dan pemasaran.

                                                                       BAB III
                                              ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

A.    Kelebihan E-Business yang Digunakan Perusahaan Bakpia 25
Dengan menggunakan e-business, perusahaan yang bergerak dibidang kuliner memetik beberapa keuntungan sebagai berikut :
Memperluas daerah pemasaran produk dan melebarkan jangkauan (global reach).
Memudahkan konsumen untuk melakukan pemesanan, apabila konsumen berada di daerah yang jauh dari toko pusat dan cabangnya.
Prosedur pemesanan secara on line sudah jelas dan mudah dipahami calon konsumen.
Kelengkapan informasi tentang jenis rasa bakpia yang ditawarkan, produk lain yang dijual, dan jenis kemasan yang dapat dipilih konsumen.
Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar) yaitu para konsumen yang tidak hanya berada di wilayah DIY saja, namun sampai diberbagai daerah dan para wisatawan.
Menurunkan biaya operasional (operating cost) berupa meminimalkan biaya promosi karena juga memanfaatkan situs jejaring social.
Meningkatkan customer loyality. Perusahaan membangun hubungan baik dengan memanfaatkan kontak dalam web dan akun jejaring social sehingga konsumen dapat memberikan tanggapan terhadap produk yang ditawarkan.
Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

B.     Kekurangan E-Business yang digunakan Perusahaan Bakpia 25
Selain keuntungan yang diperoleh tersebut di atas, juga terdapat beberapa kekurangannya, yaitu :
Dalam web di menu promosi dan artikel, hanya didominasi dengan artikel-artikel, dan belum ada promosi yang dapat menarik minat konsumen untuk membeli.
Perusahaan memiliki dua alamat blog yaituhttp://www.bakpia25.com dan http://www.bakpia25.blogspot.com/ sehingga dapat membingungkan para konsumen terhadap keaslian blog tersebut.
Blog dirasa kurang up-date dalam memperbaharui tampilan webnya.
Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

                                                                 BAB IV
                                             KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Perusahaan Bakpia 25 yang ada di Yogyakarta ini, menggunakan fasilitas electronic business atau yang sering disebut e-business, untuk memudahkan proses bisnisnya. Fasilitas yang digunakan adalah proses pemasaran dan penjualan, yaitu secara on-line.
Fasilitas tersebut adalah sebagai berikut : menu, bakpia, tentang kami, promo dan artikel, kontak.
Berbisnis dengan memanfaatkan fasilitas e-buiness memiliki kelebihan antara lain memperluas daerah pemasaran produk dan  melebarkan jangkauan (global reach), memudahkan konsumen untuk melakukan pemesanan, apabila konsumen berada di daerah yang jauh dari toko pusat dan cabangnya.  Kelemahan antara lain dalam web di menu promosi dan artikel, hanya didominasi dengan artikel-artikel, dan belum ada promosi yang dapat menarik minat konsumen untuk membeli.Perusahaan memiliki dua alamat blog yaitu http://www.bakpia25.com dan http://www.bakpia25.blogspot.com/ sehingga dapat membingungkan para konsumen terhadap keaslian blog tersebut.

B.     Saran

  1. Perusahaan diharapkan dapat menampilkan halaman web yang lebih menarik lagi agar dapat menarik para calon konsumen dan memanfaatkannya untuk media promosi.
  2. Lebih baik perusahaan hanya memiliki satu alamat web saja untuk pemesannya agar para konsumen tidak merasa kebingungan jika akan memesan.

Laporan Survei

Iklan