R-na3Setya's Blog

Just another WordPress.com weblog

Penentuan Materi Pelajaran


Untuk dapat menentukan materi pelajaran dengan tepat, pernyataan-pernyataan berikut perlu dijawab, yaitu:

ü  Apa yang dimaksud dengan materi pelajaran dan syarat-syarat apakah yang perlu dimiliknya?

ü  Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menetapkan materi pelajaran?

1.  Pengertian dan Persyaratan Materi

Dalam perencanaan pengajaran, materi yang perlu ditetapkan dalam langkah ketiga, yaitu berupa:

  1. Pokok-pokok bahan
  2. Rincian setiap pokok bahan

Contoh:

Tujuan Intruksional Materi Pelajaran
Murid dapat menyusun laporan keuangan perusahaan jasa
  1. Pengertian Laporan Keuangan
  2. Jenis Laporan Keuangan

2.1.Laporan Laba-Rugi

2.2.Laporan Perubahan Ekuitas

2.3.Penyusunan Neraca

2.4.Laporan Arus Kas

  1. Dan seterusnya

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan materi pelajaran, antara lain:

  1. Materi pelajaran hendaknya sesuai dengan tercapainya tujuan intruksional.Pendidikan yang mengembangkan kepribadian peserta didik, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pemenuhan fungsi tersebut dibagi dalam bidang studi mata pelajaran. Sehingga mata pelajaran yang diberikan hendaknya mendukung pencapaian tujuan intruksional mata pelajaran, dalam rangka mewujudkan fungsi pendidikan yang diemban oleh sekolah.
  2. Materi pelajaran hendaknya sesuai dengan perkembangan siswa pada umumnya.Mata pelajaran yang diberikan berbeda tingkat kedalamannya antara kelas IIi, kelas IV,  kelas V, kelas  VI apalagi antar SD, SMP dan SMA.
  3. Materi pelajaran hendaknya terorganisasi secara sistematik dan berkesinambungan.Dimaksudkan bahwa antara bahan yang satu dan bahan berikutnya ada hubungan fungsional, di mana bahan yang satu menjadi dasar bahan berikutnya. Contoh sebelum sampai pada cara menyusun laporan keuangan, perlu dibahas terlebih dahulu pengertian dari laporan keuangan.
  4. Materi pelajaran hendaknya mencakup hal-hal yang bersifat factual maupun konseptual.Bahan yang factual sifatnya konkrit dan mudah diingat, sedangkan bahan yang sifatnya konseptual berisikan konsep-konsep abstrak, dan memerlukan pemahaman yang lebih dalam

2.      Cara Pemilihan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan materi pelajaran:

  1. Tujuan pengajaran. Materi pelajaran hendaknya ditetapkan dengan mengacu pada tujuan-tujuan intruksioanal yang akan dicapai.
  2. Pentingnya bahan. Materi yang diberikan hendaknya merupakan bahn yang betul-betul penting, baik dilihat dari tujuan yang ingin dicapai maupun fungsinya untuk mempelajari bahan berikutnya.
  3. Nilai praksis. Materi yang dipilih hendaknya bermakna bagi siswa, dalam arti mengandung nilai praktis bagi kehidupan sehari-hari.
  4. Tingkat perkembangan peserta didik. Kedalaman materi yang dipilih hendaknya ditetapkan dengan memperhitungkan tingkat perkembangan berpikir siswa yang bersangkuatan, dalam hal ini biasanya telah dipertimbangkan dalam kurikulum sekolah yang bersangkutan.
  5. Tata urutan. Materi yang diberikan hendaknya ditata dalam urutan yang memudahkan dipelajari keseluruhan materi oleh peserta didik.

 

Daftar Pustaka

 

Ibrahim, Nana Syaodik. 2003. “Perncanaan Pengajaran”. Bandung: Rosda Karya

About these ads

4 November 2011 - Posted by | Uncategorized

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: